SKPL APOTEK



SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK

APLIKASI APOTEK
PENGELOLAAN KETERSEDIAAN OBAT

Dipersiapkan oleh:
Grup 
Faridah Dewi Khansa (1177050042)
Syafti Dhanusafitri (1177050111)
Triana Ridhaswari (1177050116)

Teknologi Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. A.H. Nasution No.105 Bandung 40614

D:\UIN\Logo UIN.png

Jurusan Teknik Informatika – Fakultas Saintek UIN SGD Bandung
Nomor Dokumen
Halaman
SKPL-01 

Revisi

Tgl: <isi tanggal>

DAFTAR PERUBAHAN
Revisi
Deskripsi
A


B


C


D


E


F


G



INDEX
TGL
-
A
B
C
D
E
F
G
Ditulis oleh








Diperiksa oleh








Disetujui oleh











Daftar Halaman Perubahan
Halaman
Revisi
Halaman
Revisi

















Daftar Isi









  1. Pendahuluan

    1. Tujuan Penulisan Dokumen

Dokumen ini dibuat sebagai gambaran dan batasan pembuatan aplikasi apotek pengelolaan ketersediaan obat agar menjadi acuan bagaimana seharusnya pengembang membuat aplikasi pengelolaan ketersediaan obat secara offline ini. Dokumen ini memuat kebutuhan apotek yang berkaitan dengan data ketersediaan obat.
    1. Lingkup Masalah

Aplikasi ini adalah Aplikasi, yang bertujuan untuk mengelola data obat di apotek. dalam aplikasi ini terdapat fitur yang memuat semua data obat yang tersedia di apotek tersebut.
    1. Definisi, Istilah dan Singkatan


No
Istilah / Singkatan
Penjelasan
1
Diagram Contex
Menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luarnya.
2
DFD
Data Flow Diagram, diagram dan notasi yang digunakan untuk menunjukan aliran data pada perangkat lunak.
3
Functional Requirement
Spesifikasi kebutuhan fungsional yang ada didalam aplikasi yang dibutuhkan oleh user
4
Unfunctional Requirement
Spesifikasi tambahan atau Batasan kebutuhan yang mendukung atau yang dibutuhkan user
5
Database
Sekumpulan data yang sudah disusun sedemikian  rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi.
6
Data Store
Menggambarkan objek data yang akan disimpan kedalam basisdata,. Bisa saja berupa file komputer, berkas kartu, lemari arsip, dll
7
Admin
Orang yang bertugas untuk mengurusi atau mengelola hal-hal administrator.





    1. Aturan Penomoran


No
Aturan Penomoran
Penjelasan
1
FRxx
Aturan Penomoran Fungsional Requrement
2
NFRxx
Aturan Penomoran Non Fungsional Requirement

    1. Referensi

Dokumentasi perangkat lunak ini mengacu pada:

  1. Panduan Penggunaan dan Pengisian Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL). Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, 2000.
  2. Template SKPL Program Studi Teknik Informatika STEI-ITB
    1. Deskripsi umum Dokumen (Ikhtisar)

Secara umum, dokumen SKPL ini terbagi atas tiga bagian utama. Bagian pertama berisi  penjelasan mengenai dokumen SKPL tersebut yang mencakup tujuan pembuatan SKPL, ruang lingkup masalah dalam pengembangan perangkat lunak tersebut, definisi, referensi dan deskripsi umum tentang dokumen SKPL ini.

Bagian kedua berisi penjelasan umum tentang perangkat lunak Pengelolaan ketersediaan obat yang akan dikembangkan, mencakup perspektif produk yang akan dikembangkan, fungsi produk perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan dalam penggunaan perangkat lunak dan asumsi yang dipakai dalam pengembangan perangkat lunak Pengelolaan ketersediaan obat tersebut.

Bagian ketiga berisi penjelasan secara lebih rinci tentang kebutuhan perangkat lunak Pengelolaan ketersediaan obat, seperti antar muka pemakai, antar muka perangkat keras, antar muka perangkat lunak, dan antar muka komunikasi.

  1. Deskripsi Umum Perangkat Lunak


    1. Deskripsi Umum Sistem 


Pengelolaan ketersediaan obat merupakan aplikasi berbasis desktop pada sebuah apotek, dalam aplikasi ini memuat fitur yang berupa input data admin dan data obat. setelah input id, nama, password admin software akan menampilkan tampilan berupa menu pilihan data obat yang terkait. data obat yang tersedia, dapat diupdate oleh admin yang ditugaskan.
    1. Karakteristik Pengguna


Kategori Pengguna
Tugas
Hak Akses ke aplikasi
Admin
Mengelola obat yang ada, mengedit data, dan memeriksa.
Mempunyai hak akses penuh terhadap data obat secara offline. Hak mengelola data-data yang disimpan

    1. Batasan

Batasan-batasan yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini adalah :
  • Aplikasi hanya dapat di akses oleh admin.
  • Aplikasi saat ini hanya dapat berjalan pada platfrom desktop.
  • Data obat hanya bisa didaftarkan oleh admin
    1. Lingkungan Operasi 

Aplikasi akan berjalan pada desktop dan hanya dapat digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows 8/10.

  1. Deskripsi Kebutuhan


    1. Kebutuhan Antarmuka Eksternal

Kebutuhan antarmuka eksternal pada perangkat lunak Pengelolaan ketersediaan obat mencakup kebutuhan antarmuka pemakai, antarmuka perangkat keras, dan antarmuka perangkat lunak.
      1. Antarmuka pemakai

Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan  berbasis Desktop. Data masukan yang dikelola diinputkan oleh admin.
      1. Antarmuka Perangkat Keras

Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan oleh Pengelolaan Studio Musik adalah : 
  • PC
  • Keyboard
  • Mouse
  • Printer
      1. Antarmuka Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan adalah mySQL Sebagai untuk mengelola data dalam database yang dibutuhkan untuk menyimpan semua Informasi yang diproses.


    1. Kebutuhan Fungsional

Diawali dengan membuat daftar kebutuhan fungsional P/L, lengkap dengan ID dan penjelasan jika perlu. Bisa dibuat dalam bentuk tabel.

ID
Kebutuhan
Penjelasan
FR-001
Login
Admin dapat melakukan login untuk mengelola data obat
FR-002
Data Stock Obat
Admin dapat melihat informasi dan menyunting stock obat-obatan yang tersedia berdasarkan nama dan kodenya
FR-003
Data Restock Obat
Admin dapat melihat dan menyunting jumlah obat-obatan yang telah di restock sesuai dengan tambahannya

      1. Diagram Konteks













      1. DFD Level 1



      1. Spesifikasi Proses (P-SPEC)


Nomor Proses
1.1
Nama Proses
Login
Entitas Terkait
Admin
Data Store Terkait
Data_Login
Data Input
data_login
Data Output
-
Algoritma 
  1. Admin Apotek melakukan login ke system dengan data login yang dimiliki

Nomor Proses
1.2 
Nama Proses
Pengecheckan
Entitas Terkait
Admin
Data Store Terkait
Data_Stock_Obat
Data Input
Data_stock_obat, data_kode_obat, data_nama_obat, data_tanggal
Data Output
Data_laporan_stock_obat
Algoritma 
  1. Admin memeriksa/menghitung stock obat sesuai nama dan kode obat
  2. Admin mengecheck secara berkala dan mencatat tanggal pengecheckkan
  3. Admin membuat laporan stock obat yang tersedia

Nomor Proses
1.3
Nama Proses
Restock_Obat
Entitas Terkait
Admin
Data Store Terkait
Data_Restock_Obat
Data Input
data_stock_obat, data_kode_obat, data_nama_obat, data_tanggal, data_total
Data Output
Data_laporan_restock_obat
Algoritma 
  1. Admin meminta restock dengan mencantumkan kode, nama, dan total obat-obat yang diinginkan.

      1. Data Store


ID
Data Store
Penjelasan
1
Login
Data store ini berisi data admin mulai dari ID, nama dan password
2
Stock Obat
Data store ini berisi data obat mulai dari nama dan banyak barang ketika pengecekan sebelum dilakukannya restock
3
Resctok Obat
Data store ini berisi data obat mulai dari nama dan banyak barang setelah dilakukannya restock serta jumlah barang setelah di restock dan sebelum di restock


      1. Kamus Data


Nama
Data_login
Alias
-
Proses
Login sebagai masukan dari entitas Admin
Konten
ID = ID_admin
Password = kata sandi

Nama
Data_obat
Alias
-
Proses
Pengecheckkan, Restock_obat sebagai masukan dari entitas Admin
Konten
Obat = kode_obat + nama_obat  + tanggal kadaluwarsa

Nama
Data_stock_obat
Alias
-
Proses
Pengecheckkan, Restock_obat sebagai masukan dari entitas Admin
Konten
Tanggal pengecekan = bulan + tanggal + tahun
Obat = kode_obat + nama_obat + jumlah  

Nama
Data_restock_obat
Alias
-
Proses
Restock_obat sebagai masukan dari entitas Admin
Konten
Tanggal resctok = bulan + tanggal + tahun
Obat = kode_obat + nama_obat + jumlah  
total = jumlah + tambahan

Nama
Data_total
Alias
-
Proses
Restock_obat sebagai masukan dari entitas Admin
Konten
obat = kode_obat + nama_obat  
total = jumlah + tambahan

    1. Kebutuhan Data 


  • Data obat berupa kode obat,nama obat,serta tanggal kadaluwarsa
  • Data stock obat berupa jumlah obat berdasarkan hasil pengecekan
  • Data restock obat berupa jumlah obat berdasarkan hasil pengecekan dan jumlah obat tambahan

      1. Diagram Konteks


D:\prpl\cdm_apotek.jpg








      1. Logical Data Model


D:\prpl\ldmapotek.jpg

      1. Physical Data Model


D:\prpl\pdmapotek.jpg

    1. Kebutuhan Non Fungsional


ID
Parameter
Kebutuhan
NF-001
Availability
Aplikasi Ini dapat berjalan di PC dengan OS windows.
NF-002
Availability
Ram Minimal 1GB

    1. Batasan Perancangan

Sebutkan batasan perancangan jika ada. Contoh : harus memakai library yang ada, harus memakai sepotong kode yang sudah pernah dikembangkan, harus memperhatikan hal-hal tertentu.

    1. Kerunutan (traceability)

Diisi dengan tabel yang berisi traceability dari hasil analisis. Gunanya untuk menilai apakah hasil analisis “runut”  dan lojik. Untuik sementara, baru didefinisikan Data-store versus E-R.

      1. Kebutuhan Fungsional vs Proses


ID Kebutuhan Fungsional
Nomor Proses
FR-001
1.1
FR-002
1.2
FR-003
1.3

    1. Ringkasan Kebutuhan 


      1. Kebutuhan Fungsional


ID
Deskripsi
FR-001
Login khusus admin
FR-002
Melakukan pengecekkan obat yang tersedia 
FR-003
Pendataan obat setelah di restock

      1. Kebutuhan Non Fungsional


ID
Deskripsi
NF-001
Aplikasi Ini dapa berjalan di PC dengan OS windows.
NF-002
Ram Minimal 1GB


Komentar

Postingan Populer